Selasa, 08 Desember 2009

PENDIRIAN PONPES WIRAUSAHA SUNAN KALIJOGO: BERANGKAT DARI KEPRIHATINAN

Sejarah baru akan terukir di tanah jomblangan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Ditempat ini akan mulai berbenah dipersiapkan menjadi satu tempat pusat belajar dan pelatihan bagi umat Islam baik masyarakat jomblangan khususnya dan seluruh pelosok negeri. Bertempat di lokasi seluas 3 ha tepatnya di sebelah timur masjid Sunan Kalijogo, RT 03, Jomblangan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, H.M Wardjono beserta beberapa tokoh masyarakat telah mempersiapkan peresmian berdirinya “Pondok pesantren Wirausaha Sunan Kalijogo”. Besok pada 13 Agustus 2009 pukul 15.30 WIB direncanakan Dr Hidayat Nur Wachid (ketua MPR RI) bertempat di Projomino, Jomblangan, banguntapan, Bantul, Yogyakarta akan meresmikan berdirinya Pondok pesantren tersebut.

Menurut pencetusnya yaitu H.M Wardjono, Pondok pesantran yang didirikan ini dirancang sebagai tempat menimba ilmu agama sebut saja kajian Al-Qur’an dan hadits, pelajaran bahasa arab, dan lain sebagainya, ditambah berfungsi memberikan bekal keterampilan bagi santri-santri untuk menekuni dunia usaha. Melalui kerjasama dengan berbagai instansi pemerintahan dan lembaga-lembaga pendidikan diseluruh Indonesia, pondok Pesantren Wirausaha Sunan Kalijaga akan mempersiapkan anak didik yang benar dengan ilmu akhirat dan ilmu keduniaan disegala bidang.

Untuk tujuan tersebut Yayasan Pondok Pesantren Wirausaha „Sunan Kalijaga “ Yogyakarta memiliki Visi: muslim yang beriman, bertakwa, berilmu, beramal, berakhlak mulia, berbudaya dan berjiwa wirausaha. Beberapa program pengajaran berupa kajian keislaman yang akan dilaksanakan secara rutin dipondok (Pembelajaran Kitab), kemudian ditambah dengan program aplikasi kewirausahaan. Mengadakan Pelatihan Achievement Motivation Training (ATM), Business Motivation Training (BMT), Mengadakan pelatihan Agrobisnis, Pelatihan Pengobatan Islami, Pelatihan bidang tehnologi informatika, pelatihan pemeberdayaan perikanan/ tambak dengan baik, pengelolaan tanaman dan hasil pertanian beserta pemasarannya, pelatihan jurnalistik, dan beberapa pelatihan kewirausahaan yang diminati masyarakat.

Dalam pengajaran keagamaan diperkuat dengan kehadiran Kyai pondok yaitu KH Moh. Dalhar, Pembelajaran Kitab oleh Drs. Bachrum Bunyamin, MA, serta pengembangan kurikulum oleh Dr. H Marjoko Idris,MA dan Ir. Abdullah Effendi, MT, Drs. Farhan Duljari. Sementara untuk bidang kewirausahaan pondok akan menghadirkan pengusaha-pengusaha dalam berbagai bidang dengan berbagai macam keterampilan yang dapat ditularkan kepada para santriwan dan santriwati pondok.

Untuk peresmian pondok wira usaha “Sunan kalijogo” Jomblangan, Banguntapan, Yogyakarta yang juga di dukung oleh Bpk H Sunardi Syahuri pemilik Swalayan Pamela di Yogyakarta. “Sebagai ketua Yayasan yang dibentuk ini, saya hanya berharap maksud dan tujuan kami bisa tercapai dengan baik “Kita memang mempunyai niat lillahi ta’ala dengan tujuan untuk menghilangkan penilaian negative terhadap komunitas masyarakat yang mayoritas muslim ini dari tindakan meminta-minta, apalagi sebagai umat yang mengembangkan agama dengan kekerasan dan terorisme,” ” ujar H. Wardjono.Untuk mendapatkan informasi yang lengkap dapat menghubungi kesekretariatan di Projomino, tlpn (0274) 444249, 376890, Hp. 08164266484

Yunus Hanis Syam
Pengurus Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Ponpes Wira Sunan Kalijogo” Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar